Perhatikan 5 Hal Ini Saat Menyusun Rundown Acara

Saat mengadakan sebuah acara, ada peran seksi acara yang bertugas untuk mengatur jalannya acara dan juga membuat rundown acara sebelum waktu pelaksanaan. Rundown acara yang dibuat tak hanya untuk membuat acara lebih tertata, namun juga agar seluruh pihak tidak dikecewakan jika jadwal acara menjadi berantakan. Agar tidak terjadi hal seperti ini, berikut 5 hal yang perlu kamu perhatikan saat menyusun rundown acara.

1. Menghadirkan penyanyi pendatang baru/penyanyi lokal di awal acara

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah menghadirkan hiburan menarik di awal acara. Seperti penyanyi pendatang baru, penyanyi lokal, atau hiburan lainnya. Namun pastikan pula hiburan yang disajikan sesuai dengan konsep acara ya.

Menghadirkan hiburan dari artis atau penyanyi di awal acara sebagai bagian pembukaan bisa menarik perhatian pengunjung maupun tamu acara. Sehingga mereka tertarik untuk mengikuti jalannya acara. Ini bisa berlaku di dalam konser, festival, hingga pensi sekolah.

2. Menampilkan bintang utama di akhir acara

Lain halnya dengan bintang utama. Bintang utama atau hiburan utama sebaiknya ditampilkan mendekati akhir acara. Biasanya, sebagian besar pengunjung yang datang akan menunggu dan menanti-nanti sang bintang utama untuk tampil sehingga mereka akan mengikuti seluruh rangkaian dalam acara tersebut jika sang bintang tampil di akhir acara.

Bintang utama ini bisa diisi dengan penyanyi atau artis yang sudah cukup populer di Indonesia.

3. Sediakan waktu istirahat jika acara berjalan lebih dari 6 jam

Beberapa jenis acara memakan waktu hingga lebih dari 6 jam, misalnya acara festival. Untuk hal ini, kamu bisa mengalokasikan waktu khusus untuk istirahat atau ishoma (istirahat sholat makan) jika memungkinkan.

Waktu istirahat ini bisa dimanfaatkan oleh pengunjung untuk rehat sejenak, entah itu berjalan-jalan sambil melihat-lihat di sekitar venue acara, makan, minum, mengobrol dengan teman, ke toilet untuk buang air atau sekadar memperbaiki penampilan, dsb. Sederhana, namun sangat dibutuhkan pengunjung lho.

Tak hanya pengunjung, ini berlaku pula untuk panitia acara, dan juga pengisi acara. Bagaimanapun, acara selama 6 jam nonstop tentu tidak efektif dilakukan mengingat waktu tersebut tidaklah sebentar.

4. Sesuaikan jadwal artis dengan waktu tampil

Membuat rundown acara bukan hanya menentukan durasi dan juga waktu giliran penampil. Namun juga menyesuaikan jadwal artis atau penyanyi yang tampil dengan schedule mereka masing-masing.

Meski ini hanya dalam hitungan jam atau puluhan menit, jadwal artis yang sibuk bisa saja bentrok jika tidak disesuaikan dengan baik. So, penting untuk mengkonfirmasi jadwal artis dengan waktu tampil mereka di dalam acara sehingga tidak terjadi bentrok yang bisa memungkinkan gagal atau terlambatnya acara.

5. Sediakan jarak waktu antara satu artis dengan artis lainnya

Saat sudah memiliki susunan acara dan giliran penampil, kamu juga harus memperhatikan jarak waktu antara satu artis dengan artis lainnya. Sediakan barang 2 sampai 10 menit untuk artis agar mereka dapat mempersiapkan diri untuk tampil.

Waktu ini juga dapat dimanfaatkan oleh penata musik, penata lampu, dan panitia untuk menyinkronkan jalannya acara. Misalnya untuk menyiapkan peralatan musik, tes microphone & soundsystem, menyiapkan properti, dll. Jika waktu ini tidak diperhitungkan, maka bisa terjadi ketidaksesuaian jadwal acara dengan waktu yang sudah dijadwalkan.

Itu dia 5 hal yang perlu kamu perhatikan saat membuat rundown acara. Jika ingin membuat acara atau event seperti konser, festival, maupun pensi, Goromedia Entertainment siap membantu untuk mendatangkan berbagai artis musisi nasional untuk mendukung acara-acara tersebut. Hubungi kami di nomor telepon atau WhatsApp: 082280000050.

sumber foto: Pexels/@barbara-oliveira-734188

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat