Jenis-jenis Event Organizer yang Perlu Kamu Tahu

Maraknya pertumbuhan Event Organizer atau lebih dikenal dengan sebutan EO telah banyak membantu memperlancar jalannya berbagai acara/event. EO ialah jasa yang mengatur dan mempersiapkan penyelenggaraan atau pengelolaan acara/event secara profesional. EO bertugas untuk membantu acara mulai dari awal acara (bahkan tahap pre-acara) hingga acara selesai sesuai dengan permintaan promotor atau pembuat acara. Namun sebenarnya ada beberapa jenis EO yang dikhususkan sesuai dengan spesialisasinya masing-masing. Apa saja jenis Event Organizer ini? Simak di bawah ini.

1. EO Pernikahan/Wedding Organizer

Yang satu ini merupakan EO pernikahan atau yang lebih dikenal dengan “Wedding Organizer” atau WO. Secara garis besar, tugas dan fungsi WO tidak berbeda dengan EO, hanya saja WO dikhususkan untuk event-event pernikahan.

Dengan menggunakan jasa WO, mereka akan mengurus semua keperluan acara pernikahan baik pernikahan adat maupun modern. Selain itu, keperluan venue, katering, baju pengantin sampai dengan dekorasi, hiburan, dll akan diurus oleh WO.

WO tidak hanya perlu memahami cara membuat acara yang disenangi oleh pembuat acara dan tamu namun juga WO tetap harus menjaga kesakralan acara pernikahan baik saat akad ataupun resepsi. Terlebih lagi Indonesia merupakan negara dengan ratusan adat istiadat masyarakatnya seringkali mengadakan acara pernikahan yang besar dan mewah dengan tamu undangan yang sangat banyak dibandingkan dengan budaya pernikahan di lar negeri.

2. EO MICE

MICE merupakan singkatan dari Meeting Incentive Convention Exhibition. EO MICE adalah EO yang memiliki spesialisi untuk event-event yang mempertemukan suatu lembaga dengan masyarakat tertentu seperti acara pameran, pertemuan, meet-up, EXPO, training dan seminar.

EO satu ini lebih banyak memiliki klien dari perusahaan atau lembaga tertentu daripada personal. Event yang diadakan atau ditangani oleh EO MICE biasanya berlangsung lebih lama daripada event yang dibuat oleh EO tipe lainnya. Dan biasanya tim dari EO satu ini juga lebih banyak. Industri MICE saat ini lebih dikenal dengan istilah “The Meetings Industry” di dunia per-event organizer-an.

3. EO Brand Activation

Tipe EO Brand Activation adalah EO yang spesialisasi dan fungsinya adalah untuk membantu klien mempromosikan dan memperkenalkan suatu brand atau produk tertentu dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan dan pengenalan brand/produk ke masyarakat atau konsumen yang berpotensi berinteraksi langsung ke target/masyarakat. Pada perkembangannya dewasa ini, EO Brand Activation lebih sering dikenal dengan nama event activation.

4. EO Musik & Hiburan

EO musik dan hiburan adalah Event Organizer yang memiliki spesialisasi untuk membuat event yang berkaitan dengan musik seperti konser, peluncuran single atau album baru, penyelenggaraan event penghargaan dan sebagainya. EO musik dan hiburan dituntut untuk mempunyai relasi yang kuat dengan manajemen artis khususnya penyanyi dan juga band.

Untuk keperluan penyanyi atau pengisi acara hiburan, baik itu event pernikahan, acara perusahaan, ulang tahun, reuni dan sebagainya, Anda bisa menggunakan jasa Goromedia Entertainment, kontak melalui WhatsApp 082280000050. Anda juga dapat memilih penyanyi atau artis yang sesuai dengan event yang ingin diadakan. Juga, ada banyak kemudahan yang difasilitasi mulai dari pencarian, pemilihan, hingga pembayaran artis tersebut.

Selain beberapa tipe EO di atas, masih ada beberapa jenis EO lainnya seperti EO tour & travel, EO private party, EO ulang tahun, dan sebagainya. Namun 4 tipe EO di atas adalah yang paling dikenal oleh masyarakat dan yang pasar paling besar di industri Event Organizer.

 

Sumber foto: instagram.com/tasyakamila, Unsplash

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat