6 Musisi & Band Indie yang Makin Eksis di Tanah Air

6 Musisi & Band Indie yang Makin Eksis di Tanah Air – Musisi dan band Indie semakin hari semakin menunjukkan eksistensinya di dunia musik. Tak hanya di tanah air, beberapa diantaranya juga punya nama di luar negeri.

Beberapa tahun terakhir, musisi dan band indie memang sedang naik daun. Bahkan eksistensinya tak kalah dengan musisi dan band yang didukung oleh label. Terbukti dengan berbagai karya mereka yang bisa diterima masyarakat bahkan mendominasi playlist di platform musik online saat ini. Itulah mengapa kita gak bisa melihat mereka dengan sebelah mata saja. Karena kualitas yang mereka tampilkan pun gak main-main. Nah, berikut ini 6 musisi & band indie yang makin eksis di tanah air versi Goromedia Entertainment.

Siapa aja?

Barasuara

Grup band beraliran indie rock, folk rock, pop dan juga blues ini memiliki lagu-lagu dengan lirik yang sarat akan makna dan bahasa. Hal ini dapat didengar dari penggalan lirik-liriknya yang kaya akan kata-kata. Sebagian besar lirik lagunya ditulis oleh Iga Massardi, vokalis yang juga gitaris Barasuara. Gak heran sih, darah seni Iga pastinya turun dari sang ayah Yudhistira ANM Massardi yang juga seorang penyair. Selain Iga, band ini juga beranggotakan TJ Kusuma, Gerald Situmorang, Marco Steffiano, Asteriska, dan Puti Chitara. Barasuara menjadikan lagu-lagunya sebagai musikalisasi puisi yang asyik sekaligus anti-mainstream. Seperti lagu-lagu mereka yang populer berjudul Sendu Melagu, Menunggang Badai, Bahas Bahasa, Api dan Lentera, Mengunci Ingatan, dan Hagia. Wajar aja grup band satu ini mampu tetap eksis bahkan makin bersinar hingga saat ini.

Danilla

Danilla Jelita Poetri Riyadi, begitu nama lengkap musisi cantik kelahiran 12 Januari 1990 ini. Sang ibu, Ika Ratih Poespa yang juga penyanyi era 80-an menurunkan darah seni pada sang putri. Terlepas dari itu, Danilla memiliki penampilan khasnya sendiri saat di atas panggung dengan penghayatan yang dalam dan lirik lagu bermakna dalam. Inilah yang menjadikannya sosok penyanyi wanita Indonesia yang patut diperhitungkan. Lagu-lagu Danilla yang populer antara lain Berdistraksi, Buaian, Senja diambang Pilu, dan Lintasan Waktu.

Kimokal

Kalau kamu pernah dengar lagu berjudul No One Can Stop Us yang dibawakan oleh Dipha Barus dan Kallula, maka secara gak sadar kalian sudah mendengar suara dari vokalis Kimokal lho. Yes, Kimokal diambil dari nama Kimo Rizky dan Kallula Harsynta, sang vokalis cantik bersuara merdu. Lagu-lagu yang dibawakan oleh band indie satu ini memang lagu-lagu berbahasa Inggris dengan genre anti-mainstream seperti psychedelic, nu-wave, dub, electronic, nu-disco, ballad dan pop. Lagu mereka yang populer antara lain Lonely Child, Under Your Spell, Embrace dan Take Control Without Controlling.

Stars and Rabbit

Musisi ataupun grup band indie memang terkenal dengan genre dan karakternya yang unik. Gak hanya itu, aksi panggung pun turut menentukan eksistensi mereka di dunia musik. Salah satunya adalah Stars and Rabbit yang dapat membawakan lagu dengan musik dan suara vokalis yang unik. Namun yang tak kalah penting adalah aksi panggung Stars and Rabbit yang beda dari band lainnya. Penampilan sang vokalis selalu menjadi sorotan karena selalu manggung tanpa alas kaki dan penampilan yang heboh. Inilah yang membuat penampilan mereka selalu ditunggu di atas panggung. Lagu-lagu Stars and Rabbit yang populer antara lain Worth It, Man Upon The Hill, Like It Here dan The House.

Reality Club

Seperti 2 grup band sebelumnya, Reality Club juga membawakan lagu-lagu berbahasa Inggris. Selain itu mereka juga memiliki vokalis seorang wanita lho. Fathia Izzati atau biasa disapa Chia terkenal sebagai YouTuber yang populer dengan aksen Bahasa Inggrisnya yang beragam. Kepopuleran sang vokalis pulalah yang membawa nama band ini semakin eksis. Lagu-lagu mereka yang populer antara lain Elastic Hearts, Is It The Answer, dan Okay.

Elephant Kind

Band indie selanjutnya ini populer dengan lagu-lagunya yang berjudul Why Did You Have To Go, Beat The Ordinary, Oh Well, True Love, Montage dan With Grace. Yup, siapa lagi kalau bukan Elephant Kind. Sekilas mendengar lagu-lagunya, mungkin kamu akan teringat pada band Coldplay karena genre yang dibawakan mereka tak jauh berbeda. Band yang berganggotakan Bram Mastro, Dewa Pratama, dan Bayu Adisapoetra ini berdiri sejak pertengahan tahun 2013 dan makin eksis hingga sekarang.

 

Penulis: Thalita Jacinda

Foto: Kimokal Facebook

Tagged with:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat