5 Tips Memilih Artis untuk Diundang ke Acara

5 Tips Memilih Artis untuk Diundang ke Acara
5 Tips Memilih Artis untuk Diundang ke Acara

5 Tips Memilih Artis untuk Diundang ke Acara – Sebelum mengundang artis, penyanyi ataupun band ke acara yang kita adakan, penting untuk menentukannya secara bijak terutama soal kriteria yang sesuai dengan acara. Mulai dari budget, hiburan yang akan dibawakan, jadwal, dan sebagainya.

Di sini, artis yang bisa dipilih termasuk pula MC, band, penyanyi, pelawak, stand-up komedian, dll.

Bagi beberapa orang, mungkin mengundang artis adalah hal sederhana. Padahal kamu perlu memenuhi beberapa langkah sebelum memilih artis untuk diundang ke acara yang kamu adakan. Apa saja? Berikut 5 tips memilih artis untuk diundang ke acara. Simak yuk!

 

1. Sesuaikan tema acara

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum memilih artis atau band yang ingin diundang ke acaramu adalah menentukan tema acara terlebih dahulu.

Misalnya, kamu ingin melangsungkan resepsi pernikahan dengan tema retro, kamu bisa mengundang penyanyi indie dengan genre atau warna suara yang retro pula. Memilih band atau penyanyi yang sesuai dengan tema acara bisa membuat suasana acara jadi semakin seru dan pas buat dinikmati.

 

2. Pilih artis sesuai dengan kompetensinya

Memilih seorang penyanyi jazz untuk menjadi pembawa acara di resepsi pernikahan tentu tidak cocok dong ya. Meskipun sang penyanyi tersebut cukup kompeten untuk memandu acara, tapi tetap saja lebih baik dia menyumbangkan suaranya dengan bernyanyi ketimbang memandu acara.

Lagi pula, tamu atau penonton yang datang tentu lebih ingin menyaksikan penampilan seorang artis atau penyanyi sesuai kompetensinya masing-masing. Bukan peran yang lain.

 

3. Sesuaikan budget dengan fee artis yang harus dibayar

Satu hal yang tidak kalah penting dalam menentukan artis atau band yang ingin diundang adalah budget. Yup, pastikan kamu sudah menentukan budget maksimal untuk mengundang artis atau band ya. Agar bisa disesuaikan dengan fee masing-masing pilihan artis dan kamu jadi tidak terlalu pusing dengan urusan bayar membayar artis karena dananya ternyata melebihi dana yang disediakan.

Kamu bisa menggunakan jasa Goromedia untuk mengatur semua biaya yang perlu dikeluarkan saat mengundang artis tanpa pusing dan ribet.

 

4. Menyediakan minimal 3 pilihan artis atau band yang akan diundang

Buat berjaga-jaga, kamu perlu menyediakan minimal 3 pilihan artis atau band yang akan diundang. Catat masing-masing pilihan termasuk juga keseluruhan fee yang perlu disiapkan untuk menghadirkan mereka, termasuk biaya akomodasi, konsumsi, serta permintaan khusus si artis.

Fungsinya adalah agar kamu bisa memprediksi berapa budget yang perlu dipersiapkan untuk mengundang seroang artis atau band ke acaramu yang tentunya disesuaikan dengan budget acara.

Kamu bisa meminta bantuan event organizer atau Goromedia untuk berkonsultasi.

 

5. Sesuaikan dengan jadwal

Jika sudah cocok dengan harga yang perlu dibayarkan ke artis atau band yang ingin diundang, jangan lupa segera hubungi manajer atau perwakilan artis tersebut secara langsung ya.

Pasalnya, sepak terjang artis atau band terutama yang jam terbangnya sudah tinggi bakal sangat sulit untuk disesuaikan dengan jadwal acara yang ingin kita adakan.

Ini juga yang jadi alasan mengapa kamu perlu menyediakan minimal 3 pilihan artis atau band yang ingin diundang ke acaramu. Agar, ketika jadwal atau fee-nya tidak cocok, kamu masih punya opsi penggantinya.

Nah, itu tadi 5 tips memilih artis untuk diundang ke acara, pastikan kamu memenuhi kelimanya ya. Jika perlu event organizer (EO) yang sudah profesional di bidang keartisan dan sudah lihai untuk mengundang artis, langsung saja hubungi Goromedia melalui kontak email berikut ini dan juga bisa melalui telepon atau WhatsApp di 08122995171.

 

Penulis: Thalita Jacinda

Foto: Elizeu Dias

1 thought on “5 Tips Memilih Artis untuk Diundang ke Acara”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat