5 Hal yang Perlu Dihindari Saat Mengundang Artis

Saat mengundang artis untuk mengisi acara seperti konser, festival, acara reuni, pernikahan ataupun hari ulang tahun, ada proses yang perlu dilakukan oleh penyelenggara acara. Mulai dari mempersiapkan fee, hingga menghubungi artis yang ingin dihadirkan. Namun, selain memilih artis yang cocok untuk diundang, kamu juga perlu mengetahui hal-hal krusial saat mengundang artis dan hal lain yang harus dihindari. Berikut ini Goromedia Entertainment memberikan informasi tentang 5 hal yang perlu dihindari saat mengundang artis. Simak terus untuk tahu lebih lanjut!

1. Nego sesuka hati

Tidak perlu melakukan negosiasi berlebihan

Sebelum yakin memilih untuk mengundang artis, kamu wajib melakukan survei dan riset soal fee yang harus dibayarkan. Tidak semua artis bisa dinego dan kalaupun bisa, sebaiknya hindari negosiasi berlebihan soal fee. Bisa-bisa tawaranmu saat mengundang artis yang berangkutan ditolak mentah-mentah. Selain itu, penyelenggara acara akan terlihat tidak profesional lho!

2. Tidak memenuhi perjanjian kerjasama

Meski sudah sepakat dan menandatangani kontrak, kamu perlu mempelajari dan juga memenuhi perjanjian kerjasama dengan artis tersebut. Termasuk hal-hal yang menurutmu sepele dan amat sangat kecil/remeh. Padahal setiap poin dalam kontrak kerjasama perlu dipatuhi.

Bisa jadi, hal yang kamu kesampingkan ini merupakan poin yang amat penting bagi si artis. Misalnya, menyediakan makanan khusus, atau menyiapkan ruangan dengan suhu tertentu. Karena seperti yang kita ketahui, umumnya setiap artis memiliki permintaan khusus yang diperlukan sebelum tampil dan biasa disebut juga dengan rider.

3. Menjalin komunikasi yang buruk

Menjalin komunikasi yang baik dengan manajemen artis sangat penting

Komunikasi yang baik bukan hanya menyampaikan keinginanmu dengan baik, namun juga mendengarkan apa yang disampaikan oleh lawan bicara. Tak terkecuali saat menjalin komunikasi yang baik dengan manajemen artis. Salah satunya adalah dengan melakukan follow-up terkait acara dan juga penampilan sang artis.

Agar hubungan kerjasama kalian bisa bertahan untuk jangka panjang, ada baiknya kamu senantiasa saling menghormati dengan artis. Kamu mungkin belum berencana untuk mengundang artis tersebut di kemudian hari, namun siapa yang tahu kalau itu akan terjadi lagi? Menjalin kerjasama dan silaturahmi yang baik juga akan membuka berbagai kesempatan untuk penyelenggara acara di kemudian hari lho!

4. Lalai dalam mengurus izin acara

Urusan kontrak dan perjanjian dengan artis sudah beres. Lalu apa lagi yang harus dihindari dan diantisipasi ya? Ya, izin acara. Izin acara juga penting untuk dipersiapkan. Apakah itu izin lokasi, izin keamanan dengan aparat setempat, maupun orang-orang yang memiliki kepentingan.

Kita perlu belajar dari kasus pembubaran acara saat musisi sedang tampil di acara konser. Kasus ini bisa bersumber dari masalah izin acara sehingga pada akhirnya membuat ketidaknyamanan bagi penonton, musisi yang bersangkutan, dan juga penyelenggara acara. jadi, sebaiknya izin penyelenggara acara tidak kamu lalaikan ya.

5. Tidak mempersiapkan Plan B

Pentingnya mempersiapkan Plan B untuk sebuah acara

Setelah memiliki kontrak kerjasama dengan artis, mungkin kamu akan berpikir bahwa acara akan berjalan lancar sebagaimana mestinya. Namun, bukan tidak mungkin jika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Misalnya, jika artis yang kamu undang tiba-tiba sakit atau berhalangan hadir karena urusan keluarga, tentunya selain terus mem-follow up manajemen artis, kamu perlu mempersiapkan Plan B alias rencana cadangan jika hal tersebut terjadi. Misalnya dengan menyiapkan artis atau penampil cadangan, atau menyediakan tim medis khusus untuk artis yang diundang selama acara berlangsung, demi menghindari hal-hal berisiko.

Itu dia 5 hal yang perlu dihindari saat mengundang artis. Jika kamu ingin mengundang artis ke sebuah acara namun tidak ingin ‘repot’ dengan hal yang harus dihindari ini, kamu bisa menggunakan jasa Goromedia Entertainment melalui WhatsApp 082280000050.

 

Sumber foto: Unsplash

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat