5 Cara Bikin Pensi yang Sukses dan Meriah!

Mengadakan pentas seni atau biasa disingkat pensi, merupakan hal yang lumrah dilakukan di sekolah maupun kampus. Biasanya pensi dilakukan untuk merayakan acara HUT sekolah/kampus/ekskul/UKM. Karena melibatkan institusi dan pengunjung yang tidakk sedikit, pensi haruslah digarap dengan sangat baik agar tidak mengecewakan penonton. Berikut ini Goromedia Entertainment memberikan 5 cara bikin pensi yang sukses dan meriah. Simak dan ikut step by step-nya ya!

1. Menentukan anggota dan susunan kepanitiaan

Hal pertama yang kamu perlu lakukan sebelum membuat pensi tentunya adalah menentukan anggota dan susunan kepanitiaan. Untuk sekolah, biasanya panitia akan diseleksi oleh OSIS bagi siapapun yang ingin menjadi panitia atau bisa juga diurus langsung dari OSIS. Di kampus, pensi bisa dilakukan oleh anggota UKM atau BEM.

Setelah menentukan anggota, mulailah untuk membuat susunan kepanitiaan. Seperti ketua acara, wakil ketua, sekretaris, bendahara, seksi acara, seksi dekorasi dan dokumentasi, seksi konsumsi, seksi keamanan, seksi dana usaha, seksi publikasi, pendamping tamu, dsb.

2. Melakukan riset acara

artis di panggung pensi

Untuk membuat acara pensi yang lain daripada yang lain, sangat penting untuk melakukan riset acara. Baik itu konsep acara, dekorasi, tema, bintang tamu yang sesuai dengan keinginan penyelenggara pensi maupun target penonton, hingga menelaah biaya yang perlu dikeluarkan untuk menyelenggarakan pensi.

Kamu bisa bertukar pikiran kepada sesama anggota panitia ataupun dengan orang-orang yang pernah menjadi panitia pensi dari sekolah maupun kampus lain. Selain itu, untuk lebih jelas, kamu bisa berkonsultasi dengan agensi/Event Organizer jika perlu.

3. Merancang run down acara

Setelah melakukan riset, mulailah menyusun run down acara. Run down acara umumnya diawali dengan pembukaan, acara, istirahat (jika ada), hingga penutupan. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat membuat run down acara yang seru dan menarik antara lain:

  • waktu
  • lokasi/venue (di sekolah/kampus/gedung indoor/lapangan terbuka)
  • pengisi acara hiburan seperti artis/penyanyi (kamu bisa mengundang melalui Goromedia Entertainment di WhatsApp 082280000050)
  • MC
  • games atau kuis berhadiah/doorprize
  • dresscode
  • tiket masuk (jika ada)
  • perlengkapan panitia (kaos/nametag jika perlu)
  • perlengkapan acara misalnya desain banner dan tiket, konsumsi panitia, lokasi booth, panggung, dsb.

4. Mencari dana dan sponsor

Salah satu hal yang dapat membuat pensi menjadi sukses adalah dana. Dengan adanya dana yang cukup, maka pensi dapat memenuhi kebutuhan yang sudah tertera di run down acara: seperti membayar artis yang akan diundang, hingga menyewa lokasi acara.

Meski dana penyelenggaraan pensi bisa sedikit ditekan, namun kamu bisa memaksimalkan dana yang harus terkumpul dengan melakukan beberapa hal seperti menggalang dana iuran dari siswa dan pihak sekolah, mencari sponsor, menjual barang/makanan dan minuman, hingga memperhitungkan tiket masuk. Untuk mencari sponsor, kamu bisa membuat proposal acara untuk diajukan ke beberapa perusahaan, brand, hingga individu yang ingin turut mendukung jalannya acara.

5. Mengajak berbagai pihak untuk bekerja sama

booth sponsor

Hal yang lain yang bisa menambah kesuksesan pensimu adalah dengan mengajak berbagai pihak untuk bekerja sama. Umumnya pensi menyediakan booth yang digunakan untuk berjualan atau mempromosikan sesuatu. Kamu bisa mengajak brand/usaha yang potensial mendatangkan keuntungan. Karena pensi memiliki pengunjung siswa, mahasiswa atau umum, maka booth bisa diisi dengan yang berkaitan dengan mereka.

Umumnya, booth diisi dengan penjualan merchandise brand, makanan dan minuman, pakaian, operator seluler, dsb. Selain itu, booth yang disewakan juga menghasilkan uang untuk menambah dana pensi. Plus, bekerja sama dengan media juga bisa membantu publikasi lho!

Itu dia 5 cara bikin pensi sekolah sukses dan meriah. Kamu bisa langsung menerapkannya jika sedang bikin pensi ya!

 

Foto: GoBoston, Inovasee, Sonora

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat