4 Keuntungan Mengadakan Event Bagi Suatu Daerah

Jika ditanya bagaimana caranya mengenalkan, mempromosikan, memajukan, sekaligus menghibur masyarakat di suatu daerah hanya dengan 1 cara, jawaban kami adalah “mengadakan sebuah event daerah.” Ya, mengadakan event di suatu daerah ternyata memiliki banyak keuntungan yang sangat signifikan. Tak ayal banyak daerah yang berlomba-lomba memajukan sektor pariwisatanya dengan mengadakan sebuah event. Apa saja sih yang menjadi keuntungan jika mengadakan event daerah? Berikut Goromedia Entertainment berikan infonya. Baca lebih lanjut untuk lebih lengkapnya ya!

1. Menjadi penggerak roda perekonomian bagi suatu daerah

Event dapat menjadi Menjadi penggerak roda perekonomian bagi suatu daerah

Mengadakan event seperti konser musik, pertunjukan seni, pameran, dan karnaval di suatu daerah merupakan salah satu daya tarik wisata yang mampu menjadi penggerak roda perekonomian suatu daerah. Bagaimana tidak? Sumber daya manusia dan sumber daya alam di daerah tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sumber daya bagi terselenggaranya event.

Event yang berlangsung sukses tentu merupakan hasil dari penerapan sistem manajemen penyelenggara acara yang efektif dan efisien, serta penerapan yang dilakukan oleh pengelola secara profesional. Pengelola di sini maksudnya adalah penggerak atau inisiator. Misalnya masyarakat, komunitas, maupun event organizer (EO) profesional.

Selain itu, strategi yang baik soal bagaimana suatu event dapat terselenggara dengan sukses akan membawa keuntungan kepada pengelola. Baik berupa keuntungan materi maupun non-materi.

2. Memberi keuntungan materi

mengadakan event di suatu daerah dapat memberi keuntungan materi

Keuntungan materi pada sebuah event yang diselenggarakan tidak hanya diperoleh dari hasil laba dalam event yang seringkali diartikan dengan saldo event yang berwujud uang. Namun, keuntungan materi dapat diperoleh dengan cara penggunaan modal yang efisien. Sehingga tidak terjadi pemborosan berlebihan bahkan over budget.

3. Keuntungan non materi

Keuntungan non materi dari penyelenggaraan sebuah event salah satunya adalah merasakan kepuasan batin dan kebanggaan atas suksesnya acara.

Sementara itu, dari event yang kamu selenggarakan, ada keuntungan secara non materi yang bisa didapat. Apa saja itu? Salah satunya adalah merasakan kepuasan batin dan kebanggaan atas suksesnya acara. Bahkan selain penonton dan pengelola, masyarakat pun akan ikut bangga dengan adanya event yang menghibur dan bermanfaat untuk mereka. Rasa bangga itu juga bisa muncul karena daerahnya mampu mengadakan event yang sukses.

Ditambah lagi kamu akan mendapatkan semakin banyaknya relasi, serta meningkatnya popularitas dan citra positif daerah tempat event tersebut berlangsung.

4. Mempromosikan sebuah daerah ke luar daerah bahkan mancanegara

Event daerah berguna untuk mempromosikan sebuah daerah ke luar daerah bahkan mancanegara

Event dapat digunakan sebagai sarana promosi daerah bahkan secara lebih spesifik menjadi sarana promosi destinasi wisata. Tujuannya, agar masyarakat sekitar, masyarakat dari luar daerah maupun mancanegara berbondong-bondong mengunjungi event tersebut. Selain untuk menghadiri sebuah event, mereka juga dapat mengenal langsung daerah yang didatangi. Banyaknya event yang di suatu daerah akan berdampak signifikan terhadap popularitas dan citra positif suatu daerah, terutama destinasi wisatanya.

Beragam event yang digelar di suatu daerah juga bisa menjadi cerminan bahwa adanya kreatifitas dan eksistensi suatu komunitas atau masyarakatnya. Event yang sukses terselenggara di suatu daerah juga akan memberi kesan bahwa daerah tersebut aman, nyaman, serta menarik untuk dikunjungi.

Itu dia 4 keuntungan mengadakan event bagi suatu daerah. Jika ingin mengadakan event dan mengundang artis/penyanyi/band ke event tersebut, kamu bisa menggunakan jasa Goromedia Entertainment dengan menghubungi melalui WhatsApp di 082280000050.

 

Kredit Foto: Unsplash

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat