10 Situs Jual-Beli Barang Bekas yang Bisa Kamu Coba

Situs jual beli barang bekas di Indonesia kini semakin naik daun. Berkurangnya minat orang-orang membeli produk secara offline, bangkitnya gaya vintage di dunia fesyen hingga penerapan gaya minimalis anak-anak muda turut memicu derasnya transaksi jual beli barang bekas ini. Nah, bagi kamu pecinta barang bekas, yuk simak artikel “10 Situs Jual-Beli Barang Bekas yang Bisa Kamu Coba” ini!

1. Prelo

Prelo merupakan sebuah marketplace khusus barang wanita yang kini telah banting stir menjadi marketplace barang-barang bekas dengan kualitas baik. Prelo fokus pada aplikasi smartphone dan mengutamakan konsumen dengan menjamin keamanan transaksi, keaslian barang hingga jaminan uang kembali. Mereka juga mengklaim kalau semua barang yang dijual di Prelo adalah barang-barang bekas atau tak terpakai yang asli alias NO KW. Prelo juga mengajak para seller untuk menjual barangnya dengan cara bercerita nih. Wah, keren ya!

2. Carousell

Marketplace barang bekas berikutnya yakni perusahaan asal Singapura, Carousell. Carousell adalah aplikasi marketplace yang membantu para seller menjual barang-barang baru maupun second secara sederhana. Sesederhana mengambil foto saja. Sebagaimana motonya “Snap, List, Sell”. Carousell tersebar di beberapa negara seperti Singapura, Indonesia, Malaysia, Filipina, Taiwan, Hongkong, dan Australia. Aplikasi Carousell bisa kamu diunduh secara gratis di perangkat iOS atau Android.

3. BelanjaBekas

BelanjaBekas awalnya memiliki konsep online marketplace yang hadir khusus untuk menampung barang-barang bekas, terutama elektronik karena dulunya BelanjaBekas didirikan di bawah perusahaan distributor elektronik bernama PT. Sachihiro Digitama Indonesia. Namun lama kelamaan, item yang ditwarkan semakin berkembang seperti fesyen, otomotif, furnitur, hingga properti. Mengusung dua konsep transaksi e-commerce sekaligus yakni C2C (Customer to Customer) dan C2B (Customer to Business) membuat Belanjabekas memungkinkan pemilik barang preloved untuk menjual barangnya ke konsumen lain atau ke platform mereka. Perihal logistik, Belanjabekas telah menggandeng Midtrans dan Raja Ongkir.

4. OLX

Kalau dulu kamu mungkin pernah mendengar nama TokoBagus. Ya, perusahaan karya anak dalam negeri ini memang mengubah namanya dari TokoBagus menjadi OLX. Namun ternyata pamornya tak kalah dengan nama sebelumnya. Orang-orang dengan mudah mengingat nama tersebut untuk mencari atau menjual barang. Cukup mendaftar sekali, kemudian mengunggah barang yang akan dijual. Platform yang digunakan juga sederhana dan mudah dipelajari.

5. Tokopedia

Online marketplace selanjutnya yang membolehkan menjual barang bekas ialah Tokopedia. Mulai dari barang baru hingga barang bekas ada di sini. Sama dengan marketplace barang bekas lainnya, kamu bisa menjadi merchant ataupun pembeli tanpa dipungut komisi. Tokopedia ingin memberikan kesempatan kepada masyarakat Indonesia untuk berjualan online, terutama para UMKM yang saat ini banyak mendongkrak perekonomian bangsa.

6. Bukalapak

Siapa tak kenal Bukalapak? Sesuai namanya, marketplace ini memberikan fasilitas agar orang-orang bisa membuka lapaknya via online secara mudah dan aman. Tak hanya barang baru, barang second juga boleh diperjualbelikan di sini. Bukalapak juga tak kalah mudah dioperasikan, terutama bagi mereka yang tidak terlalu ahli dalam mengoperasikan situs online. Aplikasi mobile-nya pun sudah tersedia di iOS dan Android.

7. Jualo

Jualo.com merupakan marketplace jual beli barang bekas yang berfokus pada pembeli berdasarkan jarak (fungsi geo-search). Fitur ini membantu pengguna untuk menemukan barang baru dan bekas di sekitarnya. Selain memfasilitasi berbagai hal terkait proses jual beli, penggunanya juga diberikan pilihan untuk membeli, menjual, tukar-menukar hingga menawar harga lho! Tertarik?

8. Forum Jual & Beli Kaskus

Kaskus dikenal sebagai forum agan dan aganwati seluruh Indonesia. Namun, Kaskus sendiri memiliki dua jenis forum yaitu Forum & Forum Jual Beli (FJB). Forum adalah tempat agan dan aganwati untuk mendiskusikan berbagai hal sementara FJB adalah forum tempat untuk bertransaksi jual beli segala macam produk.

9. Shopee

Tak hanya barang baru, di Shopee, kamu bisa berbelanja aneka ragam produk mulai dari kosmetik, pakaian pria dan wanita, hingga produk dekorasi rumah. Di sini kamu juga bisa saling berkomunikasi dengan penjual maupun pembeli di fitur chat.

10. Ebay

Yang senang berbelanja produk dari dalam dan luar negeri mungkin sudah tak asing dengan marketplace legendaris satu ini. Tak berbeda jauh berbeda dengan aplikasi jual beli barang bekas lokal, melakukan transaksi di situs eBay juga mudah. Bahkan ada fitur coupon yang bisa dipakai sebagai potongan harga untuk pembelian barang. Seru kan?

 

Penulis: Thalita Jacinda

Foto: Shanna Camilleri

Tagged with:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat